Thursday, September 5, 2013

on 1 comment

Cara Jitu Menentukan Keyword

Pada proses pemilihan Niche, anda harus dapat menentukan cara yang efisien agar blog atau website anda dapat bersaing dengan blog papan atas saingan anda. Agar dapat memilih dengan lebih efisien, maka kali ini kita akan menggunakan sebuat tool yang disediakan oleh Google. Tool ini bernama KeywordToolExternal. Untuk dapat mengakses Keyword Tool External, anda dapat mengetikkan kata kunci "google keyword" pada kolom pencarian di google.com. Setelah iktu klik pada link yang muncul di urutan paling atas



Setelah anda mengklik link keyword tool tersebut, maka anda akan diarahkan ke sebuah halaman utama. Setelah itu akan ada bar yang bernama Alat dan Analisis, arahkan mouse ke bar tersebut dan pilih menu dropdown perencana kata kunci.


Pada dasarnya, keyword tool external menyediakan 2 macam fasilitas utama yaitu fasilitas keyword tool untuk mencari kata kunci (keyword) atau niche yang tepat bagi sebuah website atau blog dan juga fasilitas mencari kata iklan. Karena kita akan mencari keyword atau niche yang tepat bagi blog kita, maka kita akan hanya menggunakan fasilitas keyword tool.



Setelah masuk dalam perencana kata kunci (keyword), kalau blog anda bertopik sepeda motor, maka kita ketikkan kata kunci dalam search box tersebut. Setelah mengisi topik, selanjutnya kita hanya perlu mengklik tombol "dapatkan ide" yang bertombol warna biru. Setelah diklik, maka akan muncul daftar kata-kata kunci yang berhubungan dengan topik sepeda motor
Ketikkan kata kunci
Secara otomatis, akan muncul sebuah hasil pencarian kata kunci sepeda motor. Pada gambar dibawah, kita dapat menentukan keyword hanya berdasarkan dari penelusuran bulanana rata-rata dan  tingkat persaingannya.
Hasil pencarian


Pada gambar diatas kata kunci "harga sepeda motor" memiliki persaingan menengah dan penelusuran yang mencapai 1300. Sedangkan pada keyword "jual beli motor" memiliki tingkat persaingan menengah dan penelusuran rata-rata 5400. Maka untuk menentukan keyword kita harus memilih tingkat persaingan yang medium (menengah) dan low (rendah) tetapi memiliki penelusuran bulan rata-rata yang tinggi. Mengapa Demikian? Karena targeted visitor yang mencari kata kunci tertentu dengan jumlah yang banyak, sedangkan blog atau website yang memiliki niche yang rendah dan menengah, maka terdapat peluang untuk anda mendapatkan posisi dalam hal menembak keyword. 

Anda juga dapat mengkombinasikan 2 kata kunci menjadi satu. Dari hasil pencarian diatas kita dapat memilih kata kunci "harga sepeda motor" dan "jual bei motor" karena memiliki tingkat persaingan menengah dan penelusurannya tinggi. Jika dikombinasikan, maka akan menjadi kata kunci "harga jual beli motor". Nah sekarang anda tahu cara menentukan keyword. Ada pepatah mengatakan "hancurkan posisi teratas maka anda menang". Setelah anda dapat menentukan keyword seharusnya blogger harus bisa menganalisa persaingan niche karena jika anda dapat menundukkan blog pesaing, maka anda akan menjadi raja dalam penelusuran blog sesuai topik anda

1 comment: