Wednesday, September 4, 2013

on Leave a Comment

Menganalisa Persaingan Niche

Hal yang paling awal yang perlu dilakukan adalah menentukan Niche. Pada Cara jitu menentukan keyword, telah dibahas bagaimana menjadikan blog atau website anda menjadi populer berdasarkan kata kunci. Maka, perlulah kita tahu faktor-faktor yang membuat sebuah niche memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Faktor-faktor tersebut adalah :



1. Apakah nama domain mengandung kata kunci?

Bagi anda yang belum mengerti apa itu domain, nama domain adalah alamat sebuah website seperti www.rogermarwan.blogspot.com . Jika nama domain mengandung kata kunci, maka dapat dikatakan blog tersebut susah untuk digeser.


2. Berapakah page rank yang dimiliki?

Jika anda menemukan saingan blog anda memiliki page rang yang tinggi, kisaran 2-10 otomatis blog atau website tersebut akan kuat bertahan.


3. Berapa banyak backlink yang dimiliki?

Halaman yang mempunyai backlink sedikit pasti akan mudah disorot kebawah, karena dengan backlink itulah, targeted visitor akan tahu letak blog atau website anda.


Contoh analisis saya terhadap Niche pesaing dengan kata kunci "LIRIK LAGU"



1. Dari 10 website yang muncul di halaman pertama, terdapat 2 atau lebih yang menggunakan nama domain mengandung keyword yang kita analisa.
2. Dari 10 website yang muncul, mayoritas memiliki page rank 2 atau lebih.
3. Dari 10 website yang muncul, mayoritas memiliki backlink dengan jumlah diatas 100 buah.

Dari contoh analisa saya, niche "lirik lagu" menmpunyai domain yang mengandung keyword, memiliki page rank yang tinggi, dan backlink yang banyak. Maka kesimpulannya untuk menggeser niche ini, anda harus bersusah payah. Karena blog tersebut memiliki kekuatan yang sangat besar untuk bertahan di posisi pertama pada kata pencarian.

Namun dari analisa kita dapat disimpulkan bahwa  niche "lirik lagu" merupakan niche yang cukup kompetitif sehingga butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengoptimasi SEO nya. Ketika anda memang ingin memilih sebuah niche namun niche tersebut kompetitif, maka anda harus sadar bahwa proses optimasi SEO yang anda harus tempuh lebih suit dibanding jika anda memilih niche yang tidak kompetitif. Namun pada dasarnya tidak mustahil untuk sebuah blog dapat mencapai posisi teratas untuk niche kompetitif asal sang pelaku tahu teknik yang tepat untuk melakukannya.

Jadi pada intinya tujuan menganalisa niche adalah untuk mengetahui seberapa kompetitif sebuah niche yang akan kita pilih. Jika anda ingin mengembangkan sebuah blog untuk online bussiness seperti adsense atau PPC lainnya, maka niche kompetitif seperti ini akan menguras waktu anda sehingga bukan tindakan yang bijak untuk memilih niche kompetitif. Namun juka anda ingin mengoptimasi SEO sebuah blog yang menang menawarkan jasa atau produk riil maka memilih niche kompetitif bukan masalah yang besar.

0 komentar:

Post a Comment