Friday, September 6, 2013

on Leave a Comment

Membaca Data dan Mendaftar Google Analytics

Pada postingan sebelumnya kita telah menginstall add-on SeoQuake untuk menampilkan informasi atau data-data SEO sebuah website yang sangat membantu kita dalam menganalisa sebuah niche. Kita juga telah menginstall NoDoFollow di browser web agar dapat membedakan secara cepat link dofollow dan link nofollow pada sebuah website. Sekarang kita akan memasang Google Analytic di blog kita. Tujuan dasar kita mendaftar di google analytics adalah untuk menganalisa perkembangan blog atau website kita. Sedangkan google analytics telah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk memudahkan kita membaca data pada google analytics tersebut.


Google Analytic adalah sebuah layanan gratis yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk merekam data-data pengunjung blog anda mulai dari informasi seperti dari mana pengunjung blog anda datang (mengunjungi g anda secara langsung / direct traffic, melalui mesin pencari atau melalui blog lain) berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog anda, jumlah pengunjung blog anda per hari, hingga di negara mana pengunjung blog anda berasal. Informasi informasi ini sangat penting untuk mengukur seberapa efektif SEO yang telah anda implementasikan.


Contoh analisa dari google analytics


Pada blog ini, akan dibahas cara memasang Google Analytics di blog yang berbasi blogger. Hal yang paling awal adalah anda harus menyiapkan alamat email yang aktif untuk dapat mendaftarkan blog anda di Google analytics, anda dapat menggunakan alamat email blog blogger anda atau menggunakan alamat email Gmail yang masih aktif, maka perlu :



1. Masuk ke halaman www.google.com/analytics. Kemudian tulis alamat email dan password email anda pada kotak Log in.



2. Setelah anda berhasil sign in, hal selanjutnya adalah mengklik tombol "Sign Up".

3. Setelah berhasil masuk, lengkapi formulir pendaftaran, lalu lihat kebagian bawah anda akan memilih opsi dari google analytics dan pastikan pilih UNIVERSAL ANALYTICS karena fiturnya lengkap dan sama gratisan.
4. Pastikan juga anda memilih opsi WEBSITE dan bukan Aplikasi.

5. Klik I accept untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  
 6. Jika anda sudah setuju, maka anda sudah mempunyai akun google analytics. Dan selanjutnya anda akan diberi Sebuah KODE PALACAKAN dari google analytics.
7. Copy kodenya dan masuk ke blogger template-->Edit HTML-->Taruh kode dari google analytics diatas kode </head>

0 komentar:

Post a Comment